Brinfona.com – Jantung merupukan komponen tubuh kita yang sangat penting, bila jantung kita bermalasah maka menjadi masalah besar dalam tubuh kita oleh sebab itu mari kita jaga jantung kita agar tetap sehat selalu. Untuk menjaga kesehatan jantung kita, berikut tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung yang mudah dalam aktivitas sehari-hari.

1. Rutin Olahraga
Rutin berolahraga merupakan hal yang sangat baik, karena mampu membantu meningkatkan kebugaran jantung, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga berat badan Anda terjaga dan tetap sehat. Sangat di sarankan untuk berolahraga lah minimal 30 menit sehari, atau minimal 5 hari seminggu. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang harus di lakukan, Semua olahraga baik untuk kesehatan. Contohnya berjalan kaki, main badminton, jogging, bersepeda, berenang, main futsall dan lain-lainnya.

Jika tidak terbiasa dengan berolahraga, alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada batasan untuk berolahraga.

Bila Anda terbatas waktu untuk berolahraga karena aktivitas kerjaan, jadwalkan istirahat pendek untuk bangkit. Gerakkan kaki dan tangan Anda, dan lakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung Anda.

Pergi makan siang ke tempat yang agak jauh dengan jalan kaki, jangan melulu hanya makan di meja kerja.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Meminum air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan jantung, jika Anda mengidap penyakit jantung, maka perlu berkonsultasi kepada dokter apakah perlu membatasi jumlah cairan yang masuk ke tubuh kita setiap hari. Perlu di ketahui bukan berapa banyak air yang Anda minum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, sup, es krim dan lainya. Jika Anda perlu membatasi cairan, timbanglah diri Anda setiap pagi. Meningkatnya berat badan secara cepat bisa pertanda bahwa cairan menumpuk di dalam tubuh Anda.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan memiliki nilai serat yang tinggi, makanan dengan serat yang tinggi dapat menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Makanan berserat dapat membantu mengelola berat badan yang sehat. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.

Alpukat, apel, pir, dan pisang termasuk kelompok buah-buahan yang tinggi serat. Sementara itu, sayuran seperti brokoli, wortel, dan bayam termasuk dalam sayuran yang tinggi kandungan seratnya. Kacang merah, kacang kedelai, Gandum utuh, dan beras merah juga termasuk bahan pangan yang kaya serat. Susu rendah lemak atau bebas lemak juga baik untuk kesehatan.

4. Berhenti Merokok
Buat para perokok jika Anda ingin benar-benar menjaga kesehatan jantung anda, maka anda perlu berhentu untuk merokok. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Oleh karena itu, berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok dapat membantu pencegah penyakit jantung.

5. Belajar Mengelola Stres
Stres adalah hal lumrah yang sering menghampiri setiap orang, dan bagaimana kita meresponnya. Saat kita sedang dalam tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras, tekanan darah bisa jadi penyebabnya. Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung, untuk mencegah penyakit jantung yang diakbibatkan oleh stres, Anda harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stress Anda sudah berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Curhat sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan stres.