Jerawat seringkali menjadi masalah yang menyebalkan, terkadang jerawat membuat kita tidak percaya diri dalam beraktifitas di muka umum, sebenarnya jerawat itu banyak hal yang menjadi penyebabnya, mulai dari kebersihan luar dan dalam, seperti darah kotor atau setelah beraktivitas tidak pernah membersihkan tubuh dari bakteri yang menempel, sehingga tumbuhlah jerawat,

Banyak sekali faktor penyebab jerawat di punggung. tidak di ragukan lagi kebersihan merupakan faktor yang paling penting dalam timbulnya jerawat punggung.

Nah inilah penyebab kenapa bisa muncul jerawat punggung yang harus di ketahui.

1. Pakaian

Pakai yang ketat dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan, salah satunya adalah jerawat punggung. Ternyata pakaian yang ketat dapat membuat kulit sulit bernapas, Sehingga menyebabkan penyumbatan keringat, dan keringat yang tersumbat dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Bila Anda mendapati jerawat punggung sebaiknya jangan menggunakan pakaian yang ketat, gunakanlah pakaian yang longgar yang berbahan katun, cobalah terapkan selama seminggu, dan bila terdapat perubahan terus lakukan hal berikut sampai jerawat punggun benar-benar hilang.

Selain itu, jerawat punggung juga dapat dengan mudah tumbuh dari pakaian yang berkeringat. Apalagi setelah olahraga seringkali tetap melanjutkan aktivitas berikutnya tanpa mengganti bajunya. hal ini dapat memicu berkembang biakanya bakteri. alangkah baiknya bila mendapati jerawat punggung segeralah mengganti pakaian yang baru dan pastikan sudah membersihkan tubuh Anda

2. Tempat tidur yang kotor

Seringkali kita menghabiskan waktu di tempat tidur sekedar untuk bersantai atau beristirahat, jadi sebaiknya pastikan temapt tidur Anda bersih tanpa bakteri dan jamur. Jerawat punggung dapat dimulai dari ketidak bersihan tempat tidur, dan baiknya seringlah untuk menggnati sprei dan sarung bantal, karena spreai dan sarung bantal dapat mengumpulkan minyak dan bakteri dari waktu ke waktu.

3. Hormon

Hormon yang muncul secara alami ataupun ditambah dengan obat-obatan, adalah penyebab utama jerawat, pada dasarnya punggung tidak kebal oleh jerawat. Jadi, jika memiliki jerawat yang membandel yang tidak mereda walau sudah memberishkan tempat tidur ataupun keberishan pada pakaian, mungkin sebaiknya Anda perlu ke dokter untuk berkonsultasi tentang kadar hormon Anda.

4. Pola makan

pola makan yang tidak sehat dapat memengaruhi tubuh dengan berbagai cara salah satunya dengan mengubah hormon. Jika Anda rentan terhadap jerawat, makanan tertentu bisa menjadi pemicu naiknya gula darah dengan cepat, sehingga dapat memperburuk jerawat. Makanan ini termasuk roti putih, pasta dan nasi putih, dan kentang putih.

5. Pengobatan tertentu

Obat-obatan atau suplemen dapat berinteraksi dengan tubuh untuk menyebabkan masalah jerawat. Jerawat punggung bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda tidak menyukai apa yang Anda masukkan ke dalamnya.

Seperti banyak masalah kesehatan, obat-obatan atau suplemen dapat berinteraksi dengan tubuh untuk menyebabkan masalah jerawat. Jerawat punggung bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda tidak menyukai apa yang Anda masukkan ke dalamnya.

Sering kali jerawat punggung dapat dipicu oleh obat atau suplemen tertentu seperti bubuk protein. Jadi, seperti biasa, ketika Anda pergi ke dokter, penting untuk menyebutkan semua obat dan suplemen yang Anda konsumsi.

6. Masalah Genetik

Jika Anda menderita jerawat punggung, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda secara genetik cenderung mengalami masalah kulit. Terkadang, jerawat bukan kesalahan makan atau pakaian, bisa jadi itu adalah genetik, dan orang-orang dapat lebih rentan untuk melakukan kegiatan tertentu yang menyebabkan berjerawat.

Masalah dengan jerawat bisa ditturunkan dalam keluarga. Konsultasikan pada dokter kulit untuk mengetahui apakah ada makanan atau rutinitas perawatan kulit yang memiliki pemicu potensial jerawat punggung.

Gunakan scrub pengelupasan kulit yang lembut dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Ini bisa membantu mengurangi jumlah kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

7. Rambut Berminyak

Rambut panjang mungkin menambahkan minyak dan kotoran ke kulit di punggung dan menyebabkan wabah jerawat. Cuci rambut secara teratur, dan ikat selama tubuh berkeringat. Juga, jangan biarkan kondisioner atau sampo mengalir di punggung.