Dehidrasi

Brinfona.com – Melakukan banyak aktivitas akan mengakibatkan kita kekurangan cairan, hal tersebut terjadi kerena tubuh kita mengeluarkan keringat yang berlebihan. Suhu udara yang sangat panas juga dapat berdampak pada kurangnya cairan dalam tubuh kita, selain itu dapat juga terjadi apabila kita mengalami muntah dan kurang mengkonsumi makan dan minuman. Jika hal tersebut terjadi pada diri kita maka akan berdampak buruk untuk tubuh. Dehidrasi dapat terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Ada beberapa tanda-tanda yang muncul bila tubuh kita mengalami dehidrasi. Yaitu sering merasa haus, sering merasakan kelelahan meskipun tidak banyak beraktifitas, adanya kram pada otot dan perut, mata berkunang-kunang.

Oleh sebab itu jangan di tunda lagi segeralah lakukan tips berikut ini untuk mengatasi dehidrasi saat berakvitas.

1. Cari tempat yang sejuk untuk berteduh
Pada saat tubuh Anda mengalami gejala dehidrasi saat beraktivitas atau sedang dalam perjalanan, maka segeralah cari tempat berteduh yang sejuk, misalnya di bawah pohon, di dalam ruangan atau gedung atau di tempat yang ber AC.

2. Minumlah minuman yang mengandung elektrolit
Segeralah untuk meminum minuman yang mengandung elektrolit, minuman elektrolit banyak di temui di warung-warung, atau di swalayan dan harganya relatif murah. Minuman elektrolit yaitu seperti Pocari Sweat, Mizone, Hydro Coco, Fatigon, Vita Zone, gatorade, Iso Plus, Aquarius, minuman berikut adalah minuman Elektrolit yang dapat mengatasi dehidrasi dan menggantikan cairan tubuh Anda yang hilang, setelah keadaan Anda membaik maka lanjutkan perjalanan Anda atau lanjutkan kembali aktivitas Anda.

Apabila terjadi komplikasi seperti sering merasa pusing, diare dan kejang. Maka segeralah bawa kerumah sakit, agar dapat tindak lanjut yang tepat dari doketer, sehingga tidak memperparah keadaan kesehatan tubuh Anda.