Seorang Pria Mengalami Gangguan Kejiwaan Akibat Kecanduan Main Game

Kecanduan dalam bermain game tentu saja dapat mengganggu kesehatan mental terlebih bila tidak membatasi waktu dalam bermain game.

Belakangan ini viral seorang pria alami gangguan kejiwaan lantaran kecanduan main game.

Pria yang mengalami gangguan kejiwaan disebabkan kecanduan main game di hape bahkan harus direhabilitasi di panti jiwa.

Kecanduan main game memang mengakibatkan gangguan kesehatan mental, terlebih jika terlalu berlebihan dan tidak mengenal batas waktu.

Seperti seorang pria bernama Wawan yang merupakan penghuni Yayasan Jamrud Biru yang merupakan panti kejiwaan di kota Bekasi.

Wawan merupakan salah satu pasien yang memiliki gangguan mental unik lantaran terlalu sering main game di hape, pemuda ini sampai kehilangan kesadarannya. .

Video pemuda yang alami gangguan jiwa akibat terlalu kecanduan main game di Hape ini lantas menjadi viral di Instagram.

Seperti halnya yang terlihat pada unggahan di akun Instagram @ndorobeii pada Sabtu (13/7/2019).

Unggahan akun Instagram tersebut lantas menjadi viral dan mencuri banyak perhatian.

Hingga artikel ini dibuat, video itu telah mendapat lebihd ari 685 komentar, 113 ribu kali dilihat, dan 11.479 suka.

Dalam video tersebut, tampak sumber asli yaitu diambil dari tayangan di stasiun tv, DAAI TV Indonesia.

Dilansir Grid.ID dari kanal YouTube DAAI TV Indonesia, video yang diunggah pada (6/7/2019) lalu.

Dari video tersebut, tampak bahwa Wawan merupakan satu dari 110 pasien yang ada di Yayasan Jambrud Biru dengan gangguan kejiwaan yang unik.

Hal ini sepetri keterangan dari pendiri Yayasan Jambrud Biru, Hartono yang menjelaskan perihal gangguan yang dialami Wawan.

“Waktu itu saya kasih dia gadget rusak yang tidak menyala, dalam hitungan menit saya cabut dia tidak telepas dari gadget itu. Saya ambil gadget itu dia masih fokus pada tangannya yang terus bergerak, (seperti sedang main game),” ujar Hartono.

Akibat gangguan yang dialaminya, pemuda itu mendapat julukan sebagai “Wawan Gim”.

Wawan Gim dibawa ke Yayasan Jamrud Biru oleh PSM dan sejak dirawat di sana keluarga mengabaikannya.

Kisah Wawan Gim, lantas menjadi viral seperti pada unggahan Instagram @ndorobeii.

Akibat viralnya video ini, tak sedikit warganet yang mengaku takut.

Hal ini diungkapkan langsung beberapa netizen pada kolom komentar unggahan tersebut.

Berikut beberapa komentar yang tampak pada video pemuda alami gangguan jiwa yang diunggah Instagram @ndorobeii.

yenilia_susanti “Anak saya lg nonton tablet langsung di matiin tablet sama laptopnya ndoro.Gara2 dia liat saya nonton video ini.takut katanya gelombang otak nya putus.Alhamdulillah hari ini saya libur ngoceh2,”

ulum_arcellio “@fiena.arcelio jangan sampe anak.e di sodorin hp walaupun gak ada aku dirumah
Tolong anak.e di jaga anak.e dari hall seperti ini ma,”

ratihdwin “Yaaaang @kurniawananda noooh anak kecanduan hp jd gila,”

_aamiikk “@okydwiadmaja ati2 yang nnti jiwa keganggu juga lagi. Tiap mata melek yang dipegang gadgetnya,”

mariodelventho “Gua suka main gadget tapi lama lama gua bosen pingin main petak umpet pingin main apa apa tapi gua liat umur dan juga walaupun gua masih sd juga dah gak ada yang main itu pada main hp semua masih jaman coc.”

Ternyata Ini Waktu Yang Tepat Untuk Mendapatkan Manfaat Sinar Matahari

Banyak sekali orang yang beranggapan sinar matahari pagi di bawah pukul 09.00 WIB itu adalah yang terbaik untuk tubuh. Ternyata, anggapan itu tidak tepat.

Tubuh membutuhkan sinar matahari langsung untuk memproduksi vitamin D. Sinar ultraviolet dari matahari yang langsung mengenai kulit akan membentuk vitamin D3 atau previtamin D dalam jumlah yang banyak.

Vitamin D3 kemudian diolah oleh hati dan ginjal menjadi vitamin D aktif yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Menurut beberapa ahli penyakit dalam menyebutkan, waktu terbaik mendapatkan sinar matahari bukan lah pukul 09.00 WIB.

“Sinar matahari pagi itu [sebelum pukul 09.00 WIB] ternyata belum memiliki ultraviolet B, yang dibutuhkan untuk mengubah vitamin D3 menjadi vitamin D aktif,”.

Menurut Ahli, sinar ultraviolet B baru muncul saat menunjukkan pukul lebih dari pukul 09.00 WIB.

Para Ahli menyarankan waktu yang terbaik untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung di atas pukul 09.00 WIB.

“Di atas jam 09.00 perlu waktu sekitar 15 menit. dan bila pukul 11.00 sinar ultraviolet B sudah banyak, jadi cukup beberapa menit saja mungkin bisa sekitar 5 menitan saja. Semakin siang, semakin sebentar. Lakukan tiga kali seminggu saja,” tutur Siti.

Bagian tubuh yang perlu mendapatkan sinar matahari adalah bagian wajah dan tangan atau bisa juga bagian punggung dan kaki. Dan dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam demi melindungi mata, selain itu biar mata tidak perih saat menghadap kematahari.

dan disarankan juga untuk tidak berlebihan mendapatkan sinar matahari. Banyak terpapar sinar matahari dapat memicu kanker.

“Jangan berlebihan karena bisa kanker kulit. Tapi sebenarnya pigmen kulit orang Indonesia itu sudah bagus.

Hal Buruk Yang Bisa Terjadi Bila Sering Tidur Menjelang Magrib

Kira-kira dari segi kesehatan, dampak yang ditimbulkan dari tidur menjalang maghrib itu apa aja ya? Mengutip dari artikel di Hipwee, aku ingin membagikannya pula di sini.

Mungkin salah satu dampaknya selain cemas karena belum mandi, belum shalat maghrib, atau penyakit hati lainnya, atau bisa jadi bangunnya malah histeris kayak aku, tidur menjelang maghrib memiliki dampak bagi kesehatan yang nggak boleh dianggap remeh. Di antara dampaknya itu berupa :

1. Memiliki Kadar Kolesterol Lebih Tinggi

Saat sore hari tubuh akan melakukan proses metabolisme. Jika pada saat itu digunakan tidur, otomatis akan mengacaukan sistem metabolisme dan hormon tidak akan seimbang. Hal itulah yang membuat kolesterol jahat meningkat yang mana bisa berpotensi terjadinya penyakit kolesterol.

2. Daya Tahan Tubuh Menurun

Kebayang nggak sih kalau daya tahan tubuh menurun. Bisa jadi nggak semangat, pikiran kacau, apalagi kalau tidur menjelang sore itu sering dilakukan, terus bikin metabolisme terganggu, dan saat ada yang sakit flu misalkan, kita jadi lebih rentan tertular karena daya tubuh kita menurun.

Menjelang maghrib, tubuh berada pada puncak keaktifan atau dalam keadaan bugar. Tapi, jika pada momen tersebut malah digunakan untuk tidur, otak tidak akan menggapi secara cepat instruksi ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan kondisi badan yang kurang fit dan nggak lagi bugar.

3. Bisa Menghilangkan Daya Ingat dalam waktu sesaat

Kalau berkepanjangan melakukan kegiatan tidur menjelang maghrib atau saat sore hari tuh punya dampak jangka panjangnya berupa hilang ingatan. Kok bisa? Begitu bangun, tubuh nggak bisa merespon kalau hari mungkin udah pagi, tapi ternyata masih petang. Pun demikian, karena tubuh tidak bisa menyadari adanya perubahan dari terang ke gelap, sehingga bisa menimbulkan efek kebingungan serta terganggunya pada daya ingat seseorang. Ngeri ternyata yah sobats.

4. Tubuh jadi pegal dan Kaku

Kalau ini percaya deh. Aku juga udah buktiin sendiri. Bukannya tambah seger tapi malas, dan layu banget. Gontai saat bangun tidur. Karena waktu yang seharusnya baik untuk beraktifitas malah digunakan untuk tidur, sehingga perubahan yang tiba-tiba tuh membuah otot dan paru-paru lemas sehingga tubuh ketika bangun akan pegel dan nggak semangat tentunya.

5. Terserang Penyakit Diabetes

Dampak terakhir yang juga tak kalah ngerinya kalau tidur menjelang maghrib tuh rentan akan terserangnya diabetes.

Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga akan mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin. Ujung-ujungnya jadi diabetes, kan?1

Jadi, mau tidur menjelang maghrib? Hehhee. Iya dampak tersebut bisa terjadi jika aktifitas seperti tidur sore hari tersebut kerap kali dilakukan. Karena sesuatu yang berlebihan itu nggak baik ya kan. Dan ketentuan tidur sore hari menjelang maghrib itu sekitar jam berapa sih? Ya kalau setelah asharnya jam 3 terus bangunnya jam 4 mungkin nggak akan bermasalah, tapi kalau udah jam 4 ke atas tidur hingga menjelang maghrib, atau saat orang-orang pada melakukan kewajiban sholat lima waktu, yah mungkin tubuh bisa saja mengalami dampak kesehatan seperti di atas.

Ternyata Bila Terbiasa Bernapas Melalui Mulut ada Penyakit Yang Mengintai

Tren plester mulut saat tidur seperti yang dilakukan penyanyi Indonesia Andien Aisyah menuai pro dan kontra.

Hal ini pun membuat penyanyi dan juga beberapa selebriti lainnya juga melakukan plester mulut untuk membiasakan bernapas lewat hidung, bukan mulut.

“Tubuh memiliki mekanisme untuk mengolah udara yang masuk melalui hidung. Ketika bernapas lewat hidung, udara yang masuk akan disaring, disesuaikan suhunya, baru ke paru-paru.”

Hanya saja, karena beberapa kondisi, bernapas juga bisa dilakukan lewat mulut. Misalnya karena kondisi penyakit tertentu misalnya polip, sinus, dan lainnya.

“Jika tidak, ada risiko-risiko gangguan pernapasan yang mengancam manusia,” ucapnya.

Berikut beberapa penyakit yang mengintai jika kebiasaan bernapas lewat mulut.

1. Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada bronkus atau saluran utama pernapasan. Bronkus berfungsi untuk membawa udara dari dan menuju paru-paru. Penyebab utamanya infeksi virus tetapi ada kondisi-kondisi yang membuat orang rentan terkena bronkitis salah satunya paparan zat-zat berbahaya seperti debu atau kotoran di udara.

Biasanya bila terkena bronkitis Korban akan mengalami gejala seperti, batuk terus-menerus dan juga disertai nyeri di dada, sakit tenggorokan, penurunan kesadaran, muntah, mual, dan diare.

2. Sesak napas

Sesak napas atau asma adalah kondisi peradangan dalam bronkus. Peradangan membuat bronkus membengkak, menyempit dan memproduksi lendir berlebih sehingga napas menjadi sesak. Bagi mereka yang memiliki asma, udara kotor yang penuh polutan bisa memicu sesak napas.

Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki gangguan pernapasan bisa merasakan sesak napas meski tak separah penderita asma.

3. Infeksi saluran napas

Udara yang masuk ke mulut tidak akan tersaring seperti jika bernapas lewat hidung. dan seharusnya memang ada sederet kuman atau virus yang bebas masuk ke tubuh termasuk virus penyebab infeksi saluran pernapasan.

Infeksi saluran pernapasan ada dua yakni bagian atas yang mempengaruhi hidung, sinus dan tenggorokan. Sedangkan bawah meliputi saluran udara dan paru-paru.

Orang yang terkena infeksi saluran pernapasan bisa dilihat dengan mulanya akan mengalami gejala radang tenggorokan, demam, batuk kering, mata berair, hidung tersumbat suara serak, dan pilek.

4. TBC

Selain infeksi saluran pernapasan, risiko penyakit lain yang masuk ketika terbiasa bernapas lewat mulut ialah tuberculosis alias TBC. TBC biasanya akan menyerang paru-paru akan tetapi bisa juga menyebar ke tulang, sistem saraf pusat, kelenjar getah bening, jantung dan organ lainnya.

Bakteri Mycobacterium tuberculosis masuk dan menyerang jaringan tubuh. bakteri biasanya ditularkan melalui saluran udara. Bila bakteri sudah melalui masa inkubasi, gejala kemudian akan terlihat seperti, batuk yang berdahak selama kurang lebih 2 mingguan atau bisa jadi lebih, batuk darah, sesak napas, demam, penurunan berat badan, meriang, kehilangan napsu makan dan tubuh akan terasa lemah.

Sangat memungkinkan bila semua penyakit bisa masuk ke tubuh karena bernapas lewat mulut. Pasalnya, hidung memiliki mekanisme untuk menyaring udara yang masuk ke tubuh.

“Hidung punya bulu-bulu basah, makanya kotoran nempel dan tidak masuk [ke tubuh],” kata dia.

Hanya saja meski demikian, dia mengungkapkan bahwa praktik plester mulut untuk bernapas lewat hidung adalah hal yang ekstrem.

Kejadian Ini Sangat Langka, dan Jarang di Temui, 7 Foto Langka Yang Unik

Di dunia ada banyak sekali kejadian Langka yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya dan juga belum terungkap kebenarannya. Dunia ini sangat luas guys banyak sekali hal unik yang terjadi di dunia ini. Mungkin orang-orang yang sering keliling dunia pun belum tentu pernah melihatnya.

Bersyukur sekali kita hidup di zaman yang sudah ada internet, karena internet dapat membuat kita melihat lebih luas tentang apapun yang ada du dunia ini, coba bayangkan guys kalau kita hidup di zaman 50an, banyak sekali hal yang akan kita lewatkan, apalagi kita tidak pernah traveling, pengetahuan kita akan stalk di situ saja.

Daripada penasaran, yuk kiya lihat bersama foto-foto langka tersebut.

Pernah melihat pecahan uang senilai 0? Inilah denominasi 0 Euro yang dikeluarkan saat perayaan ulang tahun Karl Marx yang ke 200 tahun.

Dengan Ilmu Pelunak tulang, pria ini bisa membuat jarinya seperti terbalik. Keren ngak guys, kalau kamu bisa menirukannya kalian gokil guys.

Pemandangan ini cantik sekali guys, kalau seandainya gua yang berada disini wah gokil banget, tak bisa berkata apa-apa tapi sayangnya gua juga cuman lihat di foto guys, senasib kita guys.

selanjutnya ada pohon yang tumbuh di akar yang sudah lama mati, wah kok bisa ya, gw juga ngak tau kenapa bisa seperti itu, tapi ini kejadian langka sekali.

Mungkin bila kalian tidak detail melihatnya kalian kira ini pasti tali, padahal ini adalah ulat Australi yang melata di lapangan, ulat aja disiplin, kita juga harus disiplin dong, tapi klo beneran ketmu merindung juga ya liatnya.

Nah yang satu ini lebih unik lagi, biasanya telur kan berbentuk oval lah ini kok lonjong, hmm… cukup aneh bukan, mungkin waktu malam pertama nya ngak baca doa ini ayam.. wkwkwk… becanda guys.

Selanjutnya ada foto unik yang tertangkap kamera sesorang yang sedang dalam perjalanan, keren ini. sebenryanya ini adalah burung jajar yang sedang bermigrasi.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Brinfona.com – Jantung merupukan komponen tubuh kita yang sangat penting, bila jantung kita bermalasah maka menjadi masalah besar dalam tubuh kita oleh sebab itu mari kita jaga jantung kita agar tetap sehat selalu. Untuk menjaga kesehatan jantung kita, berikut tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung yang mudah dalam aktivitas sehari-hari.

1. Rutin Olahraga
Rutin berolahraga merupakan hal yang sangat baik, karena mampu membantu meningkatkan kebugaran jantung, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga berat badan Anda terjaga dan tetap sehat. Sangat di sarankan untuk berolahraga lah minimal 30 menit sehari, atau minimal 5 hari seminggu. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang harus di lakukan, Semua olahraga baik untuk kesehatan. Contohnya berjalan kaki, main badminton, jogging, bersepeda, berenang, main futsall dan lain-lainnya.

Jika tidak terbiasa dengan berolahraga, alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada batasan untuk berolahraga.

Bila Anda terbatas waktu untuk berolahraga karena aktivitas kerjaan, jadwalkan istirahat pendek untuk bangkit. Gerakkan kaki dan tangan Anda, dan lakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung Anda.

Pergi makan siang ke tempat yang agak jauh dengan jalan kaki, jangan melulu hanya makan di meja kerja.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Meminum air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan jantung, jika Anda mengidap penyakit jantung, maka perlu berkonsultasi kepada dokter apakah perlu membatasi jumlah cairan yang masuk ke tubuh kita setiap hari. Perlu di ketahui bukan berapa banyak air yang Anda minum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, sup, es krim dan lainya. Jika Anda perlu membatasi cairan, timbanglah diri Anda setiap pagi. Meningkatnya berat badan secara cepat bisa pertanda bahwa cairan menumpuk di dalam tubuh Anda.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan memiliki nilai serat yang tinggi, makanan dengan serat yang tinggi dapat menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Makanan berserat dapat membantu mengelola berat badan yang sehat. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.

Alpukat, apel, pir, dan pisang termasuk kelompok buah-buahan yang tinggi serat. Sementara itu, sayuran seperti brokoli, wortel, dan bayam termasuk dalam sayuran yang tinggi kandungan seratnya. Kacang merah, kacang kedelai, Gandum utuh, dan beras merah juga termasuk bahan pangan yang kaya serat. Susu rendah lemak atau bebas lemak juga baik untuk kesehatan.

4. Berhenti Merokok
Buat para perokok jika Anda ingin benar-benar menjaga kesehatan jantung anda, maka anda perlu berhentu untuk merokok. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Oleh karena itu, berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok dapat membantu pencegah penyakit jantung.

5. Belajar Mengelola Stres
Stres adalah hal lumrah yang sering menghampiri setiap orang, dan bagaimana kita meresponnya. Saat kita sedang dalam tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras, tekanan darah bisa jadi penyebabnya. Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung, untuk mencegah penyakit jantung yang diakbibatkan oleh stres, Anda harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stress Anda sudah berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Curhat sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan stres.